SEKILAS INFO

     » SELAMAT DATANG DI RSUD CARUBAN >> Email : rsudcaruban@madiunkab.go.id
Jumat, 18 September 2015 - 10:48:06 WIB
Daya Tahan Tubuh Tetap Prima Saat Musim Penghujan

Diposting oleh : HUMAS
Kategori: umum - Dibaca: 384 kali

Pada musim penghujan biasanya terjadi peningkatan jumlah kasus penyakit seperti flu, diare dan demam berdarah.  Ada beberapa cara agar kita dapat terhindar dari penyakit-penyakit tersebut. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan meningkatkan  daya tahan tubuh.

Pertama, konsumsi makanan yang bergizi. Ingat, konsumsilah makanan yang bergizi karena bila kita mengkonsumsi makanan–makanan yang kadar gizinya tidak jelas, maka dikhawatirkan akan menimbulkan masalah kesehatan. Bila perlu, makanan cepat saji juga sebaiknya dihindarkan. Perbanyaklah asupan sayur dan buah-buahan.

Selain itu air putih  terutama air putih hangat, mengandung banyak mineral penting yang baik untuk tubuh. Mineral-mineral ini tidak bisa digantikan oleh minuman lainnya sekalipun oleh minuman kesehatan. Oleh karena itu di musim penghujan ini, perbanyaklah minum air putih hangat. Jangan lewatkan juga konsumsi vit C setiap harinya untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

        Selanjutnya, biasakan istirahat yang cukup minimal 6-8 jam sehari. Dengan memiliki waktu tidur yang cukup, badan akan kembali bugar. Kebanyakan dari kita sering melalaikan waktu tidur dengan begadang atau menonton televisi semalam suntuk. Hal ini jelas bukanlah kebiasaan yang sehat karena bisa mengakibatkan kurangnya daya tahan tubuh.

Olahraga Anda sudah benar?                                                                                                                                  

Olahraga menjadi poin yang tak kalah penting. Rutin berolahraga akan membuat peredaran darah lancar sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Tak usah melakukan olahraga yang berat, namun cukuplah berolahraga yang ringan semisal jalan kaki, atau jogging santai. Lakukanlan secara teratur. Banyak yang mengira dengan bekerja sehari-hari di rumah ataupun di tempat kerja sudah merupakan olah raga, namun ternyata tidak.

Kriteria olah raga diantaranya: Continuous (berkesinambungan), misal: melakukan jogging 30 menit tanpa henti); Rhytmic (berirama) maksudnya pilihlah olah raga yang membuat otot tubuh berkontraksi dan berelaksasi secara teratur, missal: jogging, bersepeda, senam, berenang, dll; Interval (selang seling antara gerakan yang cepat dan lambat), misal:  10 menit digunakan untuk jogging, 5 menit untuk berjalan kemudian dilanjutkan lagi dengan jogging, begitu seterusnya. contoh lain adalah jalan cepat lalu diselingi jalan lambat.

Ciri olahraga selanjutnya Progressive, jangan terburu-buru jika melakukan olahraga. Semua olahraga wajib diawali dengan pemanasan dulu; dan yang terakhir Endurance (daya tahan). Olahraga yang baik adalah olahraga yang menguji serta meningkatkan daya tahan. Carilah olahraga yang membuat anda terengah-engah atau ngos-ngosan hingga keringat bercucuran.

The last but not least, menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Lingkungan yang bersih tidak akan menjadi tempat berkembang biaknya kuman sehingga kita dapat terbebas dari berbagai jenis penyakit. Hal ini sejalan dengan program promosi kesehatan Kementerian Kesehatan RI yaitu membiasakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).