SEKILAS INFO

     » SELAMAT DATANG DI RSUD CARUBAN >> Email : rsudcaruban@madiunkab.go.id
Selasa, 22 November 2016 - 22:40:19 WIB
RSUD Caruban Miliki Fasilitas Penangan Penyakit Jantung Terlengkap

Diposting oleh : Arief Yudhiarso
Kategori: kesehatan - Dibaca: 130 kali

RSUD Caruban Miliki Fasilitas Penangan Penyakit Jantung Terlengkap

MADIUN-RSUD Caruban Kab.Madiun patut diapreasi, Selain memiliki berbagai kelengkapan fasilitas mulai dari sarana dan prasarana yang komplit. Juga ditunjang para ahli medis yang cukup profesional. Salah satunya adalah Dokter spesialis Jantung.

“Untuk fasilitas dan kelengkapan penanganan penyakit jantung di RSUD Caruban bisa dikatakan paling terlengkap dibandingkan dengan RS lain yang ada di Madiun.”Ujar Dokter spesialis Jantung RSUD Caruban, Wisnu Sakulat,Kemarin.

Guna menunjang penanganan kasus penyakit jantung di RSUD Caruban saat ini sudah memiliki alat deteksi dini screaning yakni Elektro Cardiografi (ECG) berfungsi untuk merekam aktifitas listrik jantung ketika pasien istirahat. Dilanjutkan dengan peralatan, Treatmild berfungsi untuk merekam aktifitas jantung ketika dinamis.

“Alat Treadmild ini sangat baik untuk mendiagnosa penyakit jantung koroner dini.”ucapnya.

Wisnu mengatakan, Secara Epidomologi, Penyakit jantung koroner salah satu penyakit pembunuh paling tinggi di Indonesia, selain penyakit lainnya. Di RSUD Caruban sendiri, jumlah pasien jantung yang berobat di Poli Jantung RSUD Caruban terus meningkat.

“Hingga 2 bulan terakhir ini, Sudah lebih dari 400 pasien jantung yang menjalani pemeriksaan. Kebanyakan mereka menderita sakit jantung koroner.”Ujar Wisnu.

Menurutnya, Penyakit jantung koroner disebabkan adanya sumbatan pada pembuluh darah. Penyakit jantung juga dipengaruhi oleh beberapa faktor resiko, Diantaranya keturunan, umur, darah tinggi, merokok, kolesterol tinggi serta gaya hidup.

“Untuk gejala awal penyakit jantung yang perlu diwaspadai yakni nyeri dada, sesak nafas dan berdebar, dan masing-masing keluhan ini memiliki karakter yang berbeda. Namun demikian, semuanya bisa diketahui ketika sedang beraktifitas.”ujar wisnu.

Wisnu menambahkan, Deteksi dini dari penyakit jantung koroner ini sangat penting sekali dan masyarakat itu perlu diberi edukasi apa itu penyakit jantung koroner, gejala awalnya itu seperti apa dan apa yang harus dilakukan pertama kali ketika ada seseorang terserang jantung koroner dan bagaimana cara mencegahnya.


“Untuk pencegahan sebaiknya hindari makanan yang berlemak, hindari makanan yang manis-manis, serta hindari merokok.”pungkasnya.(hms)