SEKILAS INFO

     » SELAMAT DATANG DI RSUD CARUBAN >> Email : rsudcaruban@madiunkab.go.id
Selasa, 22 November 2016 - 22:48:19 WIB
Tingkatkan Akses Pelayanan Kesehatan RSUD Gandeng Masyarakat Peduli Kesehatan

Diposting oleh : Arief Yudhiarso
Kategori: umum - Dibaca: 217 kali

Tingkatkan Akses Pelayanan Kesehatan

RSUD Gandeng Masyarakat Peduli Kesehatan


MADIUN-Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Caruban Madiun menggandeng jejaring masyarakat peduli kesehatan. Hal ini dilakukan guna meningkatkan akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat.


Direktur RSUD Caruban Madiun, dr Djoko santoso mengatakan, Dengan menggandeng jejaring masyarakat peduli kesehatan diharapkan mampu memberikan semua informasi ke tengah-tengah masyarakat apa saja yang sudah dimiliki pihak RSUD Caruban.

 

“Dengan meggandeng jejaring masyarakat peduli kesehatan ini diharapkan mampu meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Diakuinya, selama ini masih banyak aturan-aturan yang belum difahami oleh warga masyarakat apakah itu bentuk aturan pelayanan maupun bentuk informasi yang sekiranya bisa dilayani oleh pihak RSUD Caruban saat ini.”Ujar dr Djoko santoso, kemarin.


dr Djoko Santoso mengatakan dengan adanya sosialisasi seperti ini, diharapkan persepsi-persepsi yang salah itulah bisa dipahamkan.” misalnya, pemberian surat keterangan miskin (SKTM) dari desa yang dibuatkan oleh kepala desa tidak serta merta bisa langsung dipergunakan untuk berobat. aturan terbaru, untuk menggunakan SKTM, pasien harus mendapatkan surat keterangan miskin dari dinas sosial pula.”Ujar Djoko santoso.


Jejaring masyarakat peduli kesehatan diikuti warga masyarakat dari Desa Klitik Kecamatan Wonoasri, Warga Masyarakat peduli kesehatan Kelurahan Bangunsari Kecamatan Mejayan dan warga Masyarakat peduli kesehatan dari Desa Kedungrejo Kecamatan pilangkenceng Kabupaten Madiun.

 

“Untuk meningkatkan pelayanan, RSUD Caruban selalu menerima masukan setiap keluhan, saran maupun kritik dari warga masyarakat. Untuk melayani hal tersebut, RSUD Caruban telah menyediakan kotak saran ataupun telephon langsung ke RSUD, Karena dengan adanya masukan ini, pelayanan masyarakat dari hari ke hari akan ditingkatkan terus.”ujar Djoko.

 

Djoko santoso menambahkan, RSUD Caruban saat ini masih type kelas C, meski demikian memiliki rasa type kelas B, Mengapa demikian, karena RSUD Caruban saat ini baik dari sarana dan prasarana maupun tenaga medis yang dimiliki oleh RSUD Caruban saat ini sudah lengkap semuanya.

 

“Yang membedakan hanya masalah ketenagaan saja, kalau kelas B misalnya harus memiliki 4 dokter besar yang harus jadi konsultan misalnya dokter bedah tapi bedah anak, ada penampilan khusus setelah spesialis dan itu membutuhkan waktu minimal 2 tahun lagi untuk jadi konsultan, nah untuk kelas B minimal ada 2. Kalau nanti masyarakat membutuhkan ya kita usahakan untuk ada,”pungkasnya.

 

Meski masih menyandang status sebagai rumah sakit bertype kelas C, RSUD Caruban sudah memiliki tenaga medis yang lengkap. Sebagai unsur penunjang pelayanan kesehatan kepada masyarakat, RSUD Caruban memiliki sarana dan prasarana pelayanan sebagai berikut, Pelayanan UDG 24 Jam, Pelayanan Rawat Jalan, Pelayanan Rawat Inap, Pelayanan Penunjang Medis, Pelayanan Penunjang Non Medik.(hms)