SEKILAS INFO

     » SELAMAT DATANG DI RSUD CARUBAN >> Email : rsudcaruban@madiunkab.go.id
Minggu, 04 Desember 2016 - 12:56:47 WIB
Sukseskan Akreditasi, RSUD Caruban Gelar Lomba Hand Hygiene

Diposting oleh : Arief Yudhiarso
Kategori: skpd - Dibaca: 151 kali

bbb

 

 

 

Sukseskan Akreditasi, RSUD Caruban Gelar Lomba Hand Hygiene



MADIUN- Untuk mensukseskan akreditasi kars versi 2012 berbagai persiapan terus dimatangkan pihak management RSUD Caruban Kab.Madiun. Salah satunya dengan menggelar kegiatan lomba Hand Hygiene atau lomba tata cara cuci tangan yang diikuti seluruh karyawan dihalaman RSUD Caruban,kemarin.

 

Kegiatan yang digelar dihalaman RSUD Caruban ini, diikuti oleh seluruh karyawan RSUD Caruban mulai dari tiap-tiap ruangan, seperti ruang unit gawat darurat (UGD), ruang bersalin, ruang perinatologi, ruang pinang, ruang palem dan seterusnya.

 

Direktur RSUD Caruban, Dr. Djoko santoso mengatakan, Kegiatan tata cara cuci tangan atau hand hygiene dilakukan untuk mendukung proses akreditasi RSUD. Hand Hygiene ini sendiri bermanfaat untuk mencegah sekaligus pengendali infeksi.

 

“Kegiatan ini sebagai bentuk pokja akreditasi untuk mendorong supaya rekan-rekan  mampu mengemplementasikan kegiatan tata cara cuci tangan ini dengan baik.”Ujar Dr.djoko santoso.


Akreditasi merupakan salah satu persyaratan untuk mendapatkan suatu persetujuan kegiatan MOU dengan pihak BPJS dalam melaksanakan pelayanan masyarakat khususnya dibidang rawat inap.

“Untuk memenuhi persyaratan akreditasi kars versi 2012 ini, sedikitnya ada 15 kegiatan yang harus dilakukan dan dipenuhi, Mulai dari tahapan pratama sampai paripurna. Kita berharap, RSUD Caruban dengan melaksanakan seluruh kegiatan ini bisa dengan lulus paripurna, capaian akreditasi B bisa diraih oleh RSUD Caruban.”Pungkasnya.

 

Menurut djoko, Akreditasi ini sebagai suatu persayaratan yang sudah ditentukan oleh Pemerintah Pusat atau dari Departemen kesehatan yang notabene adalah komite akreditasi RS yang dibentuk oleh pemerintah pusat.


“Untuk mencapai akreditasi B tersebut RSUD harus bisa melaksanakan seluruh 15 pokja tersebut dan kita harus benar-benar ol oud.”tandasnya.

 

Sampai sejauh ini sudah banyak kegiatan yang sudah dilalui dan dilaksanakan, Mulai dari kegiatan dokumentasi, Mengikuti bimbingan dari pihak RS lain, Pembimbingan dari Tim Akreditasi itu sendiri.“Tahun 2016 agreditasi harus bisa diraih secara paripurna..”kata Djoko santoso.

 

Djoko santoso juga berharap, Dengan adanya kegiatan seperti ini mampu memupuk atau menjalin hubungan emosional yang lebih baik antar sesama karyawan RS, Sehingga berdampak pada peningkatan peaayanan kesehatan masyarakat." ucapnya.

 

Hal senada juga diungkapkan,  Kepala Humas RSUD caruban, Yoyok andi setyawan, Pelaksanaan kegiatan Hand Hygiene atau lomba tata cara cuci tangan selain untuk memenuhi persyaratan pencapaian akreditasi sekaligus memupuk kerja sama dan kebersamaan untuk mensukseskan kars versi akreditasi 2012.

 

“Untuk mensukseskan kegiatan ini, RSUD sudah menyiapkan semua kegiatannya, mulai dari Persiapan SDM, Sarana dan prasarana sampai dengan penyusunan program. Khusus untuk kegiatan Hand Hygiene atau lomba tata cara cuci tangan ini diharapakn seluruh pimpinan serta seluruh karyawan harus memahami tata cara cuci tangan yang baik dan benar.”Ujar Yoyok.(hms)