SEKILAS INFO

     » SELAMAT DATANG DI RSUD CARUBAN >> Email : rsudcaruban@madiunkab.go.id
Minggu, 04 Desember 2016 - 12:59:43 WIB
RSUD Caruban Miliki Dokter Spesialis Rehabilitasi Medik

Diposting oleh : Arief Yudhiarso
Kategori: skpd - Dibaca: 512 kali

kkk

 

 

 RSUD Caruban Miliki Dokter Spesialis Rehabilitasi Medik

 

MADIUN-Sebagai bentuk upaya mengoptimalkan pelayanan kesehatan di Kab.Madiun, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Caruban terus melakukan pembenahan dari sektor fasilitas sekaligus melengkapi dokter-dokter spesialis.

 

Salah satunya adalah pemberian pelayanan kesehatan pada Instalasi Rehabilitasi Medik. Dimana, pelayanan medik berorientasi pada problematik pasien dan terjangkau oleh masyarakat, didukung dengan teknik, tenaga profesional dengan ditunjang peralatan modern.

 

“Rehabilitasi medik merupakan cabang ilmu kedokteran yang bertujuan untuk memberikan pelayanan dan keluhan pada gangguan syaraf, tulang, otot, jantung dan paru. Diharapkan dengan adanya rehabilitasi medik ini semua masalah-masalah tersebut dapat dikurangi. Intinya pasien melakukan rehabiltasi adalah proses pemulihan atau proses penyembuhan secara maksimal dengan menggunakan alat terapi fisik berdasarkan ilmu rehabilitasi medik.”Ujar Dokter spesialis Rehabilitasi Medik, dr.A.Rahman wijaya Sp.KFR.kemarin.

 

Disinggung kelengkapan sarana dan prasarana yang sudah dimiliki diruangan rehabilitasi medik ini, dr. A.Rahman pun menjelaskan, Jika fasilitas rehabilitas medik di RSUD Caruban bisa dikatakan paling lengkap diantara RS lainnya.

 

“Alat-alat untuk rehabilitasi mediak di RSUD Caruban cukup canggih dan memadai, Seperti adanya alat Transcanial Magnetic Stimulations (TMS), ada Lazer, Ultrason, Softdiatermi, Traxxi, Elektro simulations juga ada alat-alat latihan lainnya.”Pungkasnya.

 

Menurut Rahman, Peralatan Transcanial Magnetic Stimulations (TMS) berfungsi sebagai Pelayanan syaraf di otak dan menyembuhkan berbagai sakit nyeri. Seperti, Nyeri rematik (osteoarthritis/pengapuran, osteoporosis (pengeroposan), Nyeri otot dan nyeri sendi, tulang.

 

”Kalau untuk sinar lazer berfungsi untuk mengobati rasa sakit nyeri dan syaraf. Selain diberikan fisioterap pasien juga diberikan obat agar proses penyembuhan pasien semakin cepat.” Pungkasnya.

 

Beberapa pasien yang ditangani oleh dr.A.Rahman wijaya Sp.KFR ini pun cukup merasakan manfaat akan pentingnya  rehabilitasi medik ini.”Saya disini kadang cukup berkonsultasi atau bahkan memeriksakan kondisi badan saya, Misalnya, tangan saya sering kesemutan, dengan pemeriksaan menggunakan peralatan yang dimiliki di rehabilitasi medik ini, keluhan saya bisa teratasi. Bahkan di bagian punggung saya terasa sakit, karena sering menggendong anak saya, dengan teknik pengobatan rehabilitasi medik disini keluhan yang saya rasakan alhamdulillah berangsur-angsur pulih,”Ujar salah satu pasien, Lia dekrit virgiana putri.(hms)