SEKILAS INFO

     » SELAMAT DATANG DI RSUD CARUBAN >> Email : rsudcaruban@madiunkab.go.id
Minggu, 04 Desember 2016 - 13:01:46 WIB
Simulasi Penanggulangan Bencana Kebakaran di RSUD Caruban

Diposting oleh : Arief Yudhiarso
Kategori: skpd - Dibaca: 437 kali

kkk

 

 

 

Simulasi Penanggulangan Bencana Kebakaran di RSUD Caruban

 

MADIUN-Suasana RSUD Caruban-Madiun mendadak kacau balau. Percikan api dari salah satu alat listrik memicu kebakaran. Para petugas medis yang tengah bekerja sontak berlarian keluar ruangan ketika api mulai membesar.

 

Beberapa tim medis lainnya pun segera memanggil tenaga keamanan RSUD untuk dilakukan pemadaman kebakaran. Mengingat asap pekat mulai memenuhi disalah satu ruang inap pasien. Tak berselang lama, api mampu dipadamkan menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

 

Kondisi ini hanyalah simulasi yang digelar pihak Rusah Sakit Umum Daerah (RSUD) Caruban-Madiun guna dilakukan pencegahan saat terjadinya kebakaran dini, kemarin. Kegiatan simulasi diikuti seluruh para medis dan staf RSUD lainnya. Selain mengikuti simulasi pencegahan kebakaran, para medis juga menggelar simulasi evakuasi para pasien saat terjadinya kebakaran yang berlangsung diruang cemara.

 

Kegiatan simulasi penanggulangan bencana kebakaran ini merupakan serangkaian kegiatan dalam rangka memberi bekal untuk menciptakan kesiapsiagaan kepada seluruh personel Rumah Sakit dalam menghadapi bahaya kebakaran yang sebenarnya. Serta menguji Prosedur Tetap (protap), apakah masih sesuai dengan kondisi saat ini

 

Kepala Diklat RSUD Caruban, Trimo mengatakan, Peserta mendapatkan penjelasan sekaligus mempraktekkan secara langsung bagaimana tata cara penanggulangan kebakaran serta penggunaan alat pemadam kebakaran.


“Semua peserta mendapatkan penjelasan sekaligus memparaktekan tentang cara menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) hydran, membentuk jaringan komunikasi dan bagaimana cara mengevakuasi pasien (korban).”Ujar Trimo.


Menurut Trimo, Pelaksanaan pelatihan evakuasi pasien saat terjadi kebakaran di ruang cemara diikuti seluruh Tim Pemadam, Tim evakuasi, tim penyelamat, tim medis dengan sigap langsung memadamkan api dan mengevakuasi pasien serta mengamankan barang-barang yang masih bisa diselamatkan.

 

“Seluruh tenaga medis maupun staf lainnya harus siap dan mampu bertindak cepat jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran.”Pungkasnya.

 

Dijelaskan dari simulasi ini nantinya kita bisa mengukur kemampuannya baik dari segi medis maupun kapasitas ruangan yang ada di RSUD Caruban,” Adapun kekurangan akan dilakukan koreksi untuk perbaikan protap kebakaran.”Ucap Trimo.(hms)