SEKILAS INFO

     » SELAMAT DATANG DI RSUD CARUBAN >> Email : rsudcaruban@madiunkab.go.id
Selasa, 15 Agustus 2017 - 09:28:07 WIB
RSUD CARUBAN KAB.MADIUN MERAIH PRESTASI TERTINGGI LULUS AKREDITASI PARIPURNA TH.2017

Diposting oleh : IT Center RSUD Caruban
Kategori: PRESTASI RSCM - Dibaca: 191 kali

RSUD CARUBAN KABUPATEN MADIUN MERAIH PRESTASI

DENGAN PREDIKAT TERTINGGI

LULUS AKREDITASI PARIPURNA

 

Dengan mengucapkan rasa syukur yang tak terhingga kepada Tuhan Yang Maha Kuasa pada akhirnya RSUD Caruban Kabupaten Madiun berhasil meraih prestasi dengan predikat tertinggi LULUS AKREDITASI PARIPURNA.

Prestasi ini merupakan akumulasi dari segala kesiapan dan standar pelayanan yang diselenggarakan oleh RSUD Caruban Kabupaten Madiun.

Beberapa waktu yang lalu RSUD Caruban Kabupaten Madiun telah melaksanakan kegiatan besar yaitu Penilaian Akreditasi Rumah Sakit. Kegiatan akreditasi ini dilaksanakan di RSUD Caruban Kabupaten Madiun pada tanggal 22-24 Mei tahun 2017. Dimana Akreditasi Rumah Sakit merupakan suatu proses dari suatu lembaga yang independen untuk melakukan asesmen terhadap rumah sakit. Lembaga independen yang dimaksud adalah Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

Tujuan dilaksanakannya akreditasi rumah sakit adalah untuk menentukan apakah rumah sakit tersebut memenuhi standard yang dirancang untuk memperbaiki keselamatan dan mutu pelayanan. Standard akreditasi adalah berupa persyaratan yang optimal dan harus bisa dicapai.

Penilaian Akreditasi di Rumah Sakit ini mempunyai Harapan bahwa :

  1. Akreditasi menunjukkan komitmen nyata sebuah Rumah Sakit untuk meningkatkan keselamatan dan kualitas asuhan pasien.
  2. Akreditasi memastikan bahwa lingkungan pelayanan di Rumah Sakit aman;
  3. Dengan akreditasi Rumah Sakit berupaya mengurangi risiko bagi pasien dan stafnya.

Selain Harapan tentunya dengan akreditasi Rumah Sakit ini juga dapat memberikan Manfaat dalam :

  1. Meningkatkan kepercayaan masyarakat, karena Rumah Sakit menitik beratkan sasaran pelayanannya pada keselamatan pasien dan mutu pelayanan
  2. Menyediakan lingkungan kerja yang aman dan efisien
  3. Mendengarkan, menghormati hak-hak pasien dan keluarganya, dan melibatkan mereka dalam proses kesembuhan
  4. Membangun kepemimpinan dan kerjasama.

Sedangkan yang menjadi dasar untuk dilaksanakannya Akreditasi di RSUD Caruban Kabupaten Madiun ini adalah :

Undang-undang nomor 44 tahun 2009 tentang rumah sakit yang mewajibkan rumah sakit menjalani akreditasi. Rumah sakit harus menerapkan  standar akreditasi rumah sakit, termasuk standar-standar lain yang berlaku bagi rumah sakit.

Ada beberapa kelompok penilaian  dalam akreditasi rumah sakit di RSUD Caruban Kabupaten Madiun yang terbagi dalam 3(tiga) kelompok penilaian, yaitu :

  1. Standar Manajemen Rumah Sakit
  2. Standar Pelayanan Medis
  3. Standar Pelayanan Keperawatan

Ad. 1. Yang termasuk kelompok Manajemen Rumah Sakit :

  1. Manajemen Pengelolaan Obat (MPO)
  2. Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP)
  3. Manajemen Fasilitas Kesehatan (MFK)
  4. Tata Kelola Kepemimpinan (TKP)
  5. Kualifikasi dan Pendidikan Staf (KPS)
  6. Manajemen Komunikasi dan Informasi (MKI)

Ad.2. Yang termasuk Kelompok Pelayanan Medis :

  1. Akses ke Pelayanan dan Kontinyuitas (APK)
  2. Asesmen Pasien (AP)
  3. Pelayanan Pasien (PP)
  4. Pelayanan Anestesi dan Bedah (PAB)
  5. Manajemen Komunikasi dan Informasi (MKI)
  6. Kualifikasi Pendidikan Staf (KPS)

Ad.3. Yang termasuk kelompok Pelayanan Keperawatan :

  1. Hak Pasien dan Keluarga (HPK)
  2. Pendidikan Pasien dan Keluarga (PPK)
  3. Millenium Development Goals (MDG’s)
  4. Sasaran Keselamatan Pasien (SKP)
  5. Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI)
  6. Manajemen Komunikasi dan Informasi (MKI)
  7. Kualifikasi Pendidikan Staf (KPS)

Memang ada banyak hal yang harus dilakukan oleh RSUD Caruban Kabupaten Madiun untuk meraih predikat LULUS AKREDITASI PARIPURNA diantaranya strategipersiapan yang matang yang sudah dilakukan sejak lama yaitu sejak lebih dari dua tahun yang lalu.

Untuk mendukung kelancarannya telah dibentuk 15 (lima belas) Kelompok Kerja (Pokja), sesuai dengan kelompok pelayanan yang disebutkan diatas.

Masing-masing pokja bekerja mulai dari penyusunan dokumen sampai mendorong terlaksananya (implementasi) dokumen yang dipersiapkan. Tentunya masing-masing Pokja tidak bekerja sendiri tetapi juga bekerja sama dengan pokja yang lain terutama bersama manajemen dan seluruh staf di RSUD Caruban Kabupaten Madiun.

Hal-hal yang dipersiapkan meliputi, antara lain :

  • Penyusunan dokumen
  • Perbaikan dan pemeliharaan fisik bangunan
  • Pengadaan sarana prasarana
  • Pelatihan manajemen dan staf untuk peningkatan kompetensi, baik berupa in house training maupun dengan mengikuti pelatihan yang dilaksanakan oleh KARS, PERSI, organisasi profesi, dan lain-lain
  • Sosialisasi kepada staf
  • Monitoring dan audit kepatuhan terhadap pelaksanaan standar
  • Evaluasi
  • Dan kegiatan-kegiatan lain yang mendukung akreditasi rumah sakit

Tidak kalah pentingnya adalah dukungan dana dalam  proses akreditasi melalui penganggaran dana sejak dari proses perencanaan, pelaksanaan kegiatan, sampai dengan kegiatan evaluasi dan tindak lanjutnya.

Hal ini menunjukkan betapa seriusnya Pemerintah Kabupaten Madiun untuk mendukung bidang kesehatan bagi kesejahteraan masyarakat di wilayah Kabupaten Madiun. Sebagaimana diungkapkan oleh Direktur RSUD Caruban Kabupaten Madiun, dr. Djoko Santoso, MM.

Beliaupun menyampaikan bahwa RSUD Caruban Kabupaten Madiun tidak akan berpuas diri meskipun telah meraih predikat tertinggi LULUS AKREDITASI PARIPURNA.

Namun RSUD Caruban Kabupaten Madiun harus selalu melakukan upaya-upaya perbaikan, monitoring, audit, dan lainnya. Mengingat sertifikat akreditasi diberlakukan selama 3 (tiga) tahun dan KARS akan memonitor keberlangsungan pelaksanaan standar di rumah sakit, dengan melaksanakan survey verifikasi setiap satu tahun sekali.

RSUD Caruban Kabupaten Madiun harus menjaga komitmen untuk terus-menerus secara berkesinambungan melaksanakan pelayanan yang bermutu dan berprioritas pada keselamatan pasien, sebagaimana makna dari Motto Profesional, Sepenuh Hati dan Bersahabat serta Visi RSUD Caruban Kabupaten Madiun untuk Menjadi Rumah Sakit Kebanggaan Masyarakat.

 

Penulis,

Inst.Humas & Promkes RSUD Caruban Kab.Madiun

Yoyok A.Setyawan, SKM